Rabu, 26 Maret 2014

Etika Utilitarianisme



Etika Utilitarianisme 
adalah tentang bagaimana menilai baik buruknya suatu kebijaksanaan sosial politik, ekonomi dan legal secara moral.

Nilai nilai dari etika utilitarisme adalah Rasionalitas, Utilitarianisme sangat menghargai kebebasan setiap pelaku moral, dan bersifat Universalitas.
Didalam berbisbnis etika utilitarianisme sangat baik untuk digunakan, karena etika ini mempunyai unsure unsure nilai Rasionalitas, sangat menghargai kebebasan setiap pelaku moral, yang berarti tidak memaksakan kehendak kepada orang lain dan etika ini bersifat Universal artinya etika ini sudah mendunia karena etika ini bersifat Universal.

Utilitarianisme Sebagai Proses dan Sebagai Standar Penilaian :
§ Etika utilitarianisme digunakan sebagai proses untuk mengambil keputusan, kebijaksanaan atau untuk bertindak.
§ Etika Utilitarianisme sebagai standar penilaian bagi tindakan atau kebijaksanaan yang telah dilakukan.

Kriteria dan Prinsip Etika Utilitarianisme yaitu :

- Manfaat.
- Manfaat terbesar.
- Manfaat terbesar bagi sebanyak mungkin orang.

Nilai positif dalam Etika Utilitarianism :
Rasionalitas Semua tindakan mesti dinilai benar/baik atau salah/jelek semata-mata berdasarkan konsekuensi atau akibat nya

Menghargai kebebasan setiap pelaku moralDalam menilai konsekuensi atau akibat, satu-satunya hal yang penting adalah jumlah kebahagiaan atau penderitaan yang dihasilkannya. Jadi, tindakan yang benar adalah yang menghasilkan surplus kebahagiaan terbesar ketimbang penderitaan.

UniversalitasSebagai contoh dalam mengkalkulasi kebahagiaan atau penderitaan yang dihasilkan, tidak boleh kebahagiaan seseorang dianggap lebih penting daripada kebahagiaan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar