Jumat, 06 Desember 2013

Karakteristik Media dalam Pembelajaran Multimedia Interaktif




Sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran, pemilihan dan penggunaan multimedia pembelajaran harus memperhatikan karakteristik komponen lain, seperti tujuan, materi, strategi dan juga evaluasi pembelajaran. Karakteristik multimedia pembelajaran adalah sebagai berikut:
1.       Memiliki lebih dari satu media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur audio dan visual.

2.       Bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon peserta didik.

3.       Bersifat mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan orang lain.
Selain memenuhi ketiga karakteristik tersebut, multimedia pembelajaran sebaiknya juga memenuhi fungsi sebagai berikut:
1.       Mampu memperkuat respon pengguna secepatnya dan sesering mungkin.
2.       Mampu memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri.
3.       Memperhatikan bahwa peserta pelatihan mengikuti suatu urutan yang koheren dan terkendalikan.
4.       Mampu memberikan kesempatan adanya partisipasi dari pengguna dalam bentuk respon, baik berupa jawaban, pemilihan, keputusan, percobaan dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar