Selasa, 25 Juni 2013

Helm Pintar Dilengkapi Android dan GPS





Liputan6.com, Rusia : Kehadiran teknologi augmented reality yang mampu menampilkan informasi langsung di depan mata kini semakin mudah ditemukan. Google melalui kacamata pintar Google Glass mampu mengimplementasikan teknologi tersebut dengan cara yang apik.

Meskipun belum dipasarkan secara komersial, kehadiran Google Glass mampu mengubah sudut pandang mengenai akses informasi dengan cara yang lebih mudah dan efisien. Selain kacamata, ternyata teknologi augmented reality juga diadposi ke dalam sebuah helm pintar.

Selain sebagai alat pengaman berkendara, Anda yang memiliki mobilitas menggunakan motor namun tidak memahami jalur dengan baik kini tidak perlu repot. Mengingat konsep helm pintar yang dikembangkan oleh LiveMap sudah dilengkapi dengan GPS (Global Positioning System). Demikian dilansir Liputan6.com dari laman Android Police, Kamis (20/6/2013).

Hal ini memungkinkan peta langsung terproyeksi ke kaca helm sehingga memudahkan navigasi. Sejumlah lokasi seperti restoran, pom bensin, ATM, dan tempat menarik lainnya.

Bukan hanya itu, helm yang menggunakan material fiber carbon juga dilengkapi dengan sensor, proyektor, baterai, microphone, papan PCB, dan menggunakan sistem operasi Android. Helm ini akan langsung menampilkan informasi seputar kecepatan kendaraan, jarak tempuh, dan penunjuk arah.

Sayangnya sang pembesut belum memastikan sistem operasi Android versi mana yang akan diadopsi dalam helm tersebut. Konsep helm pintar ini rencananya akan dibanderol seharga USD 2.000 atau Rp 20 juta. Hmm tertarik untuk membeli? (vin/gal/*)

Analisis: Suatu kemajuan teknologi yang sangat luar biasa,kita dapat mengetahui informasi kecepatan dan penunjuk arah yang terdapat pada sebuah helm dengan menggunakan  augmented rality.Walaupun biayanya masih terlalu mahal,namun ini merupakan kemajuan dari suatu pengembangan teknologi yang luar biasa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar