Jumat, 07 Juni 2013

Pemain-pemain yang Potensial untuk Dinaturalisasi



Pemain-pemain yang Potensial untuk Dinaturalisasi

PSSI pertama kali mempertimbangkan untuk menaturalisasi pemain (mengimpor pemain luar negeri kemudian mengganti kewarganegaraan mereka menjadi WNI) sejak era kepemimpinan Nurdin Halid. Inspirasinya adalah keberhasilan Singapura yang melakukan cara serupa.

Kala itu, semua sepakat naturalisasi bukan barang haram asalkan tidak dilakukan sembarangan. Pemain yang akan dinaturalisasi haruslah berbakat dan memiliki keturunan Indonesia atau memang sudah lama berkiprah di Indonesia. 

Ke mana hendak mencari kandidat pemain naturalisasi? Belanda, bekas penjajah dan salah satu negeri terdepan dalam sepak bola dunia, menjadi pilihan. 

Giovanni van Bronckhorst dan John Heitinga adalah salah dua punggawa timnas Belanda yang memiliki leluhur Indonesia. 

Hingga kini sudah banyak pemain asal Belanda yang berganti kewarganegaraan, seperti Sergio Van Dijk, Raphael Maitimo, Diego Michels, Johnny van Beukering, Ruben Wuarbanaran, hingga Stefano Lilipaly.

Selain nama-nama di atas, masih banyak talenta Belanda yang mungkin kita naturalisasi, mengingat mereka punya darah Indonesia di tubuhnya.

Analisis: Menurut saya sangatlah mengherankan apa yang dilakukan PSSI yg sekarang terhadap timnas indonesia. Banyaknya pemain naturalisasi di dalam timnas menutup kesempatan pemain lokal untuk memperkuat timnas. Proses instan yang dilakukan PSSI sangat bedampak buruk bagi kesempatan pemain lokal yang kita punyai. Janganlah terlalu memberikan kepercayaan penuh kepasa pemain naturalisasi,saya yakin dengan pemain lokal kita timnas indonesia juga bisa berprestasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar